MENIRAN, SI PENINGKAT SISTEM IMUN

MENIRAN, SI PENINGKAT SISTEM IMUN

Meniran, mungkin masyarakat pada umumnya telah mengetahui bagaimana wujud dari tanaman ini. Meniran (Phyllantus niruri) memang tumbuhan semak yang mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Penampilan boleh seperti tumbuhan semak biasa, namun apakah anda tahu khasiat meniran sebagai tumbuhan obat?
Hampir semua bagian tanaman meniran berkhasiat obat. Banyak literatur yang menunjukkan bahwa secara turun temurun meniran dipercaya dapat menyembuhkan penyakit-penyakit yang terkait dengan saluran empedu dan berkhasiat menurunkan jumlah virus hepatitis B yang ditemukan dalam darah.
Penelitian terbaru menyebutkan bahwa meniran memiliki aktivitas imunomodulator. Imunomodulator berperan membuat sistem imun lebih aktif dalam menjalankan fungsinya, menguatkan sistem imun tubuh (imunostimulator) atau menekan reaksi sistem imun yang berlebihan (imunosuppressan). Dengan demikian, kekebalan atau daya tahan tubuh kita selalu optimal sehingga tetap sehat ketika diserang virus, bakteri, dan mikroba lainnya.
Kandungan kimia yang bermanfaat dari meniran adalah flavonoid. Pada tanaman lainnya kandungan flavonoid sebenarnya juga ada,bedanya pada meniran aktivitas penigkatan sistem imunnya ternyata lebih baik.
Sebagai imunomodulator, meniran tidak semata-mata berefek meningkatkan sistem imun, namun juga menekan sistem imun apabila aktivitasnya berlabihan. Jika aktivitas sistem imun berkurang, maka kandungan flavonoid dalam meniran akan mengirimkan sinyal intraseluler pada reseptor sel untuk meningkatkan aktivitasnya. Sebaliknya jika sistem imun kerjanya berlebihan, maka meniran berkhasiat dalam mengurangi kerja sistem imun tersebut. Jadi, meniran berfungsi sebagai penyeimbang sistem imun.
(mela, dari berbagai sumber)

About these ads

32 Comments

Filed under Anda Perlu Tahu

32 responses to “MENIRAN, SI PENINGKAT SISTEM IMUN

  1. Sitem kekebalan tubuh perlu dijaga, sehingga perlu dijaga agar tetap kuat. Sistem imun dalam tubuh perlu disupport kelangsungan hidupnya dengan berbagai cara.

    Kini ada fitofarmaka yang terbuat dari daun meniran alami yang berkhasiat memperkuat sitem imun dikemas dengan nama STIMUNO dari PT Dexa Medica

  2. Sabrac

    terima kasih atas infonya. lagi nyari data tentang meniran ^^

  3. immunosupresant sekaligus immunostimulator ya…
    bagaimana bisa gitu? hm.. penasaran..

  4. Didik Gunawan

    Sebagai penderita gagal ginjal, kemampuan tubuh untuk pembentukan Hb terhenti, sehingga kadar Hb saya setiap waktu cenderung turun dan tiap 6 bulan sekali butuh transfusi darah.
    Dari berbagai hasil penelitian dilaporkan bahwa herba meniran (Phyllanthus niruri) memiliki kemampuan meningkatkan kadar Hb dalam darah, dan setelah saya coba mengkonsumsi infusa herba meniran dalam waktu 2 bulan, ternyata potensi itu memang terbukti bisa meningkatkan kadar Hb dalam darah.
    Dari hasil penelitian pula dilaporkan bahwa meniran berfungsi membantu aktivitas kerja hormon pembentuk Hb (alfa atau beta Haemapoeitin : yang hormon ini tidak lagi diproduksi oleh ginjal yang rusak).
    Sejak itu selama 2 tahun terakhir, saya tidak lagi pernah transfusi darah, dan Hb saya stabil antara 8,5 – 9,5 (kadar normal orang sehat = 12).
    Transfusi disarankan kalau kadar Hb turun sampai 7 ke bawah.
    Semoga informasi ini bisa dimanfaatkan para penderita gagal ginjal yang lain.

  5. bintang

    Cara mengkomsumsi tanaman menirannya bagaimana..
    apakah sudah ada dalam bentuk kapsul atau jamu jamuan
    mohon info ya ..
    Thanks
    Bintang

  6. panca

    Assalamuaialkum
    saya pernah PKL di tambak udang pas saya SMK. pakan yang akan diberikan untuk usang diberi sari meniran yang telah ditumbuk lebih dulu. Sepertinya memang tujuan awal untuk meningkatkan kekebalan udang terhadap serangan virus dan bakteri asing. sekarang saya ingin tahu bagaimana yang sebenarnya lewat usulan karya ilmiah saya nanti.
    wassalamualaikum

  7. indri

    meniran. emm ada seorang kawan yg melakukan penelitian dan percobaan membuatnya menjadi sebuah sediaan siap konsumsi. Mengenai khasiat meniran banyak dibuktikan secara empiris oleh banyak orang. Informasinya dapat didapatkan lebih lanjut dengan banyak membaca berita terkini

  8. betone

    saya tidak setuju dengan tanaman meniran sebagai zat imun…..sebab menurut saya tergantung kekebalan orang itu sendiri…kadang kala meniran menyebabkan orang muntah-muntah

  9. saya tertarik sekali akan manfaat meniran saya sudah mencobanya ternyata pahit namun jika terbiasa anggap aja minum teh.. ya

  10. aku orang pontianak, jarang saya menemui meniran disini. dan sekarang saya lupa meniran itu seperti apa. jadi saya mau minta tolong dimana saya bisa dapat info lengakap tentang meniran dan sekaligus gambarnya……

    • ellzviliya

      meniran.. bisa di dapatkan di ciledug cerebon jawa barat.. dia tumbuhan macam biasa.. tapi kasiat dia sungguh hebat..??

    • yathieyd

      di pontianak sangat banyak…saya juga di pontianak…biasa tumbuh tepi jalan besar r tempat2 yang banyak rumputnya…cirinya jelas..punya buah2 kecil kuning sepanjang tulang daun yang bentuknya mirip putri malu

  11. Meniran bisa untuk antibakteri nggak ya?

  12. Sistem Imun & Manfaat Transfers Factor

    Apakah Anda tahu, kenapa dalam satu keluarga yang pola hidup, pola makan dan lingkungannya sama, namun bisa ada yang mudah sakit sementara yang lain tidak? Ada yang mudah kena penyakit seperti flu atau demam dan cepat sembuh, tapi ada pula yang lama sembuhnya. Apakah penyebabnya ?…….

    Kesehatan kita dipengaruhi langsung oleh sistem imun. Sistem imun adalah sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit yang terdiri lebih dari triliyunan sel-sel NK ( Natural Killer), yang jumlah berat totalnya kira-kira 1 kg
    (2,2 pons).

    Sistem imun merupakan hal yang rumit sekaligus menakjubkan.beruntunglah,Sang Pencipta
    memberikan bayi suatu pertolongan.Kita sadar betapa pentingnya pemberian ASI ( Air Susu Ibu )
    bagi kemampuan Sistem imun. Dalam kondisi dunia yang semakin bahaya, kita diserang oleh berbagai agen penyebab penyakit ( patogen ). Sistem imun kitapun mengalami perubahan tidak menentu.Transfers Factor ,Faktor imun utama pada kolostrum dapat menjadi senjata utama tubuh kita menangkal pathogen.Transfers factor melatih dan mendidik secara terus menerus Sistem imun.

    H.S Lawrence menemukan Transfers Factor pada tahun 1949.ketika ia berhadapan dengan masalah penyakit tuberculosis (TBC).Apa yang ia coba temukan adalah keberadaan komponen darah yang dapat membawa sensitifitas tubercular dari seseorang yang telah sembuh dari TBC ke orang yang belum terkena.Transfusi darah secara keseluruhan dapat dilakukan.tapi hanya pada orang yang mempunyai golongan darah sama.Lawrence pada awalnya hanya memisahkan sel-sel imun darah,sel limfosit atau sel darah putih.dari seluruh komponen darah.kemudian ia memecah limfosit menjadi beberapa ukuran fraksi.Apa yang ia temukan adalah molekul fraksi terkecil yang dapat mentransfer sensitivitas tuberculin pada pasien sehat lain,molekul inilah yang dinamakan Transfers Factor

    Transfers Factor adalah molekul kecil berukuran 3,500-6,000 kDa berat molekul,terdiri dari
    oligoribonucleotides yang melekat pada peptida.Dahulu molekul ini hanya didapat dari proses dialisa (pemecahan) sel darah putih.tapi sekarang dapat disarikan dari bovine colostrum. Mereka diproduksi oleh sel limfosit-T dan dapat mentransfer kemampuan untuk mengenal
    pathogen kepada sel yang belum pernah kontak dengan pathogen tersebut (fungsi memori).
    Mereka juga memperkuat kemampuan Sistem imun untuk bereaksi (fungsi inducer/merangsang)
    terhadap pathogen.Transfers Factor memungkinkan sel-T lebih mengenal terhadap pathogen. Di sisi lain.Transfers Factor bisa bertindak sebagai produk gen yang membantu sel-T lain untuk menyerang.

    Fungsi perangsangan/inducer Transfers Factor menghubungkan sel-sel imun berikatan dengan
    antigen,sehingga meningkatkan reaksi stimulus terhadap antigen.Fungsi supresi menahan reaksi berlebihan sel-T(2) dan memberi tanda pada sel untuk menurunkan respon imunnya.Hal ini penting untuk mencegah terjadinya alergi atau kondisi autoimune.

    Distributor Transfer Factor Indonesia
    Ryan & Kenny – 0818.07183888

    http://4lifetransferfactorindonesia.wordpress.com/

  13. diphenil tyocarbazon

    tolong ………… jelasin se the tail mungkin masalah meniran yang mampu meningkatkan sistem imun ? makasi……………..

  14. tu

    pahit…. pahitnya sama kaya sirih merah pekat banget…
    brarti yang pahit2 itu obat yah….pantesan obat ga ada yang manis, wong sumbernya aja langsung diminum paitnya minta ampun…

  15. ta

    meniran itu tumbuhan dikotil atau monokotil ya??
    thanks

  16. Fiqri

    meniran, di Kalimantan selatan & timur dikenal dengan hambin-hambin buah, cukup beragam khasiatnya, bila tonsil, wasir, lagi radang atau lagi asam urat menyerang, meniran direbus kemudian airnya di minum selagi hangat, dan jangan lupa baca Bismillah, insyaallah akan sembuh

  17. nugraha

    meniran tumbuh dimana mana disekitar kita, direrumputan rumah, lapangan rumput, dibidang tanah ditepian jalan , cirinya tumbuhan ini tingginya antara 10 – 25 cm, berdaun seperti daun petai cina atau daun asem dibawah daun ada butir butir bunga dan biji sebesar pasir atau butir gula pasir, rasa daun sangat pahit

  18. Rosyidah herbal

    Info : Saya jual produk sari kurma kids plus ekstrak Meniran. berfungsi untuk menambah sistem immun, menguatkan tulang dan gigi, dan membantu kerja syaraf. Cocok untuk membantu tumbuh kembang buah hati anda.
    Harga : 25 ribu per botol (isi 150 gram)
    Siapa yang berminat ???
    Hubungi : Rosyidah Herbal
    HP. 0852 588 260 60

  19. abdul muin

    bagi masarakt samarinda yg memerlukan atau ingin mengetahui pohon meniran hubungi 081347895665

  20. Darmawansyah

    Bagaimana cara mengolah meniran agar tidak rusak khasiatnya. Apakah batang dan akarnya juga ikut berkhasiat atau hanya bagian daunnya saja?.

  21. Artikel yang sangat bermanfaat…oiya, kalo yang pengin praktis, Saya ada dalam bentuk kapsul. silahkan hubungi 085643153075

  22. vdityv

    bagus mana anatar meniran sama pace (morinda) dlm meningkatkan imun

  23. Noniez

    meniran ya …???
    qu jga konsumsi cz serng sakit ni …

    qu minumnya direbus…Ambil meniran yg kering 1 genggam tangan trus tambah 3 gelas air ukuran 200cc, rebus sampai jadi 1 gelas aj –>> dinginkan –>> saring –>> minum dlm kondisi perut mash kosong di pagi hari..
    oya ampasnya jgn dibuang rebus lgi u/ sore hari cranya sama koq ..

  24. neng

    ass-
    kalo meniran itu dikonsumsi trus minum obat lain, ada interaksi dengan obat yang dikonsumsi obat tersebut ngga ??
    kalo ada, efeknya apa untuk tubuh ???

  25. candra

    Matur suwun infonipun

  26. Salam Kenal
    Informasi yang sangat bermanfaat, ternyata Meniran sangat ampuh u.meningkatkan sistem kekebalan tubuh….

  27. Cahngarit144

    Terima kasih infonya..

  28. Kenapa orang sakit daya tahan tubuhnya lemah? selain meniran tanaman apa saja yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh? terima kasih :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s